DAURAH QURAN, HAFAL 1 JUZ DALAM 6 HARI

Lensadakwah.com - Daurah Qur'an  angkatan 1 selama 6 hari dilaksanakan di Pondok Pesantren Tafidz Al Qur'an Al Furqon, Kamis-Selasa (30/6 - 5/7/2022)  bertempat di Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur'an Al Furqon Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sukorejo Kota Blitar, pesertanya dibatasi hanya 40 peserta terdiri Santriwan dan  santriwati dari tingkat TK, SD, SMP, SMA. 

Peserta Daurah Quran angkatan pertama

Untuk santriwan diwajibkan untuk menginap di pondok selama 6 hari dan untuk santriwati masuk dari jam 07.00 sampai jam 04.30 sore tanpa menginap dipondok. Acara Pembukaan dilakukan pada Hari Kamis 30 Juli 2022 pukul 08.30.

Menurut Ustadz Abdul Azis A. SPdI Mudzir PPTQ Al Furqon dan juga sebagai Ustadz SD Muhammadiyah kota Blitar menyatakan bahwa kegiatan Dauroh Qur'an bertujuan untuk mengisi waktu liburan sekolah  dengan menghafal Al qu'ran dengan target 1 juz 6 hari, diasuh  4 Ustadz dan 2 ustadzah.

Ustadz Abdul Azis yang juga sebagai Sekertaris Lembaga Dakwah Khusus Pimpinan Daerah Muhaammadiyah Kota Blitar menambahkan bahwa Dauroh Qur'an ini memiliki target menghafal 1 juz dalam waktu 6 hari. Dalam pelaksanaannya para santri dikelompokkan menjadi dua kelas,  kelas pertama adalah kelas i'dat atau persiapan diperuntukan untuk Santri yang masih belum bisa mengaji dan kelas menghafal  untuk santri yang sudah bisa mengaji dengan lancar dan ditargetkan menyelesaikan hafalan 1 juz dalam waktu 6 hari dengan slogan : "BISMILLAH 1 JUZ".

Merupakan slogan yang sering di ucapkan para santri agar senantiasa ingat dan semangat untuk mengejar target yang telah ditetapkan dalam daurah ini

Menurut Ustadz yang paling muda (17 th) Ustadz Haqmadi Widya Ihsanto sekaligus sebagai Panitia penyelenggara Daurah Qur'an menyampaikan bahwa Kegiatan dimulai dari jam 03.30  melaksanakan salat tahajud secara berjamaah, Salat subuh berjama'ah di lanjutkan mengaji menghafalkan Alquran sampai jam 06.30 kemudian istirahat, mandi dan makan,  jam 07.30 salat Dhuha  berjamaah dilanjutkan menghafal Al Qur'an sampai dhuhur, kemudian para santri beristirahat, makan  dan kembali menghafal mulai pukul 13.30 sampai  adzan ashar 

Setelah Ashar Sampai jam jam setengah lima para Santri berolahraga dan mandi kemudian  muroja'ah Al Quran sampai terdengar adzan maghrib , waktu setelah maghrib sampai Isya'  makan dan persiapan menghafal. 

Penyerahan piala dan sertifikat kepada peserta

Ustadz Haqmadi yang lebih senang Mas Haqmadi  menambahkan setelah isya' para santri  menghafal  sampai pukul 21.00  kemudian  istirahat.

Pada tanggal 5 Juli 2022 setelah sholat ashar dilaksanakan Acara  Penutupan Dauroh Qur'an dan dilaksanakan pemberian penghargaan  kepada santri yang berhasil mencapai targetnya dalam Daurah ini. Alhamdulillah 10 santri berhasil menghafal 1 juz selama 6 Hari.


Penulis : Sri Widodo - LDK kota Blitar

Editor : Muhaimin

Lensa_ldkpwmjatim







1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.