INI ALASAN NABI HIJRAH

Lensadakwah.com - Tahun 622 M. Merupakan tahun yang bersejarah bagi umat Islam di dunua. Karena pada tahun 622 M. Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wassalam melakukan hijrah pada dari Makkah ke Madinah. 

Hijrah itu dilakukan karena penindasan orang-orang musyrik Quraisy yang luar biasa terhadap Nabi dan para sahabatnya. 



Hal di atas yang disampaikan oleh ustad Muchamad Arifin dalam membuka ceramahnya di Masjid At-Taqwa ba'da Maghrib pada hari Ahad, 31 Juli 2022 M. Bertepatan dengan 2 Hijriyah 1444 H.

Ketua Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Muhammadiyah Jawa Timur yang sering dipanggil ustad Arifin ini menyampaikan bahwa pada waktu itu perlawanan dari kaum musyrik pada umat Islam sangatlah merajalela. Karena hal ini, Rasulullah SAW menyuruh para sahabat agar berhijrah ke Madinah.

Hijrah Nabi Muhammad kemudian disusul satu demi satu para sahabat Rasulullah berangkat hijah ke Madinah secara sembunyi-sembunyi. Mereka meninggalkan tanah kelahiran mereka, rumah tempat tinggal dan segala apa yang dicintainya demi menegakkan agama Islam.

Penjelasan hijrah Nabi dengan diputarkan vidio pendek menjadikan para jamaah yang hadir dalam kajian tersebut nampak semakin paham terhadap apa yang dijelaskannya.



Kekejaman kaum kafir Quraisy disebutkan dalam Alquran:

وَإِذْ يَمْكُرُ بِكَ الَّذِينَ كَفَرُوا لِيُثْبِتُوكَ أَوْ يَقْتُلُوكَ أَوْ يُخْرِجُوكَ ۚ وَيَمْكُرُونَ وَيَمْكُرُ اللَّهُ ۖ وَاللَّهُ خَيْرُ الْمَاكِرِينَ

Dan (ingatlah), ketika orang-orang kafir (Quraisy) memikirkan daya upaya terhadapmu untuk menangkap dan memenjarakanmu atau membunuhmu, atau mengusirmu. mereka memikirkan tipu daya dan Allah menggagalkan tipu daya itu. Dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya. QS. Al Anfal: 30.

Dalam vidio yang diputar nampak gambaran kaum Muslimin di Madinah mendengar kabar Rasulullah telah keluar dari Makkah. Mereka segera berangkat ke Harrah demi menunggu kedatangan Rasulullah di negeri mereka

Waktu yang ditunggu-tunggu akhirnya datang. Kala itu, orang-orang tengah berada di rumah. Seorang Yahudi menaiki salah satu benteng mereka untuk melihat kedatangan Rasulullah. Tiba-tiba, ia melihat Rasulullah dan para pengiringnya. Mereka semua berpakaian putih.



Sesampai di Madinah kaum Muhajirin dan kaum Ansor  bekerja sama dalam membangun masjid. Dalam pembangunan ini, Nabi ikut bergabung dan terlibat di lapangan secara langsung.

Dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim Nabi berkata : Ya Allah tidak ada kebaikan selain kebaikan akhirat. Semoga Engkau menurunkan ampunan pada kaum Anshar dan Muhajirin.

lensa_ldkpwmjatim

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.