TALKSHOW BIKKSA : KOMUNIKASI KUNCI KETAHANAN KELUARGA HARMONIS

Lensadakwah.com - BIKKSA (Biro Konsultasi Keluarga Sakinah Aisyiyah) Kabupaten Malang yang merupakan anak cabang dari Majelis Tabligh PD Aisyiyah kabupaten Malang mengadakan acara perdana sebagai pembukaan dari program-program selanjutnya, Ahad (3/7/2022).

Tema yang di usung dalam acara Talk show yang kemarin adalah “Pola Relasi Suami Istri dalam Ketahanan Keluarga”. Dimana tema ini penting untuk diangkat mengingat persoalan yang terjadi dalam rumah tangga masih saja kerap terjadi dengan di latar belakangi hal yang bermacam-macam.

Flyer kegiatan Talkshow BIKKSA

Dalam acara tersebut, dihadirkan dua narasumber sekaligus dengan perbedaan latar belakang perspektif. Narasumber pertama yang di sampaikan oleh Ibu A’i Mulyani Az-Zahra M.Pd, menjelaskan konsep keluarga Bahagia menurut psikologi keluarga, dan yang kedua, disampaikan oleh Ibu Lailatul Fithriyah M.PdI dengan pandangan Hukum islam dalam mendeskripsikan pola relasi suami istri dalam yang baik. 

Peserta yang ikut cukup antusias, sekitar 51 peserta yang hadir dalam pertemuan yang diadakan meskipun secara daring. Dari awal pembukaan narasumber mengajak proaktif untuk diskusi dengan peserta terkait masalah dari masing-masing keluarga peserta. Dari mulai usia perkawinan, kadar perasaan cinta antar pasangan sampai pada cara saat terjadi masalah dalam keluarga.

Peserta webinar antusias menyimak pemaparan materi.

Acara yang berlangsung sekitar kurang lebih 2 jam tersebut, sekaligus memberikan wacana baru bahwa segala persoalan dalam keluarga berawal dari model komunikasi antar suami istri. Seringkali masalah yang timbul didalam rumah tangga disebabkan karena setiap pasangan sulit untuk berkomunikasi dengan baik. Sehingga dibutuhkan teknik komunikasi yang baik dan tidak saling menggurui antar pasangan. 

Sehingga, dari pemanasan berupa kegiatan Talk show yang di adakan oleh BIKKSA ini diharapkan mampu menjadi jembatan awal untuk bisa memberikan pencerahan dan sedikit pelatihan konseling bagi antar cabang aisyiyah dalam menghadapi persoalan keluarga disetiap ranting.

Selain persoalan keluarga, BIKKSA juga menjadi fasilitator dalam persoalan agama, Pendidikan, psikologi pribadi, Parenting, Kesehatan keluarga dan muamalah. Sehingga diharapkan semua persoalan yang terjadi bisa dijembatani Oleh BIKKSA untuk di hubungkan dengan tenaga ahli masing-masing persoalan.


Penulis : Afifah Sahlan - peserta Bimtek LDK PWM Jatim

Editor : Muhaimin

Lensa_ldkpwmjatim





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.