FKPT JATIM HADIR PRODAMMABA UHT 2022

Lensadakwah.com - Beragam upaya dalam mewujudkan Indonesia harmoni terus dilakukan dan digencarkan terutama di wilayah atau kelompok yang rentan menjadi target paham radikalisme, ekstrimisme dan terorisme. Seperti yang dilakukan oleh Universitas Hang Tuah Surabaya dengan mengundang Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Timur memberi penyuluhan deradikalisasi untuk mahasiswa baru. Selasa (30/8/2022).

Dr Hj Hesti Armiwulan SH MHum saat menyampaikan materi deradikalisasi.

Penyuluhan deradikalisasi yang merupakan rangkaian dari PRODAMMABA (Program Pendampingan Mahasiswa Baru) 2022 ini dihadiri langsung oleh ketua FKPT Jatim Dr Hj Hesti Armiwulan SH MHum sebagai narasumber.
Dihadapan 1200 mahasiswa baru yang akan mengenyam studi di kampus ini, Hesti menyampaikan tentang permasalahan yang timbul belakangan ini sehingga penyebaran paham radikalisme di Indonesia harus terus diwaspadai.

Di awal pemaparannya, seluruh mahasiswa kembali diingatkan akan keragaman agama, adat, suku, dan bahasa yang ada di Indonesia yang mana ini adalah wujud semboyan bangsa Indonesia, Bhineka Tunggal Ika.

Dengan keragaman yang ada di Indonesia ini maka kita sebagai warga negara Republik Indonesia sudah seharusnya mau menerima, menghargai dan menghormati perbedaan tersebut.


Dengan menunjukkan data-data yang ditampilkan di 2 layar proyektor raksasa, ketua FKPT Jatim menguatkan kembali akan pentingnya Pancasila yang mampu menjadi filter akan paham yang tidak sesuai atau sejalan dengan Pancasila dan UUD RI 1945.

Dan sebagai poin utama materinya, Hesti berpesan kepada seluruh mahasiswa baru tentang wujud dari rasa syukur atas nikmat sebagai bagian dari NKRI yang memiliki keberagaman adalah toleransi yaitu menerima, menghargai dan menghormati perbedaan sesuai  dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika berdasarkan Pancasila. Salah satu tantangan di era digital adalah infiltrasi paham yg  tidak sesuai dgn Pancasila.

"Kampus merupakan tempat strategis bagi Kelompok radikal untuk mencari pengikut. Oleh karena itu kewaspadaan dan kesadaran akan pentingnya wawasan kebangsaan, memiliki jati diri yg kuat, rasa nasionalisme yg tinggi adalah cara untuk menangkal paham radikalisme." pesannya.

Penulis : Muhaimin
Editor : Much. Arifin


Lensa_fkptjatim











Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.