JURNALISTIK MUHLAS GERCEP LIPUTAN LOMBA KEMERDEKAAN DI SEKOLAH

Lensadakwah.com - Memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 77 tahun menjadi ajang tim Jurnalistik SD Muhammadiyah 11 Surabaya untuk beraksi.

Dengan pendamping Khaalishah Naurah Salim (6 Ar Rahman) yang ditunjuk sebagai korlip (koordinator liputan), empat Jurnalis Cilik Muhlas melaksanakan peliputan kegiatan beragam lomba yang diselenggarakan SD berlokasi di Dupak Bangunsari, Surabaya,  Senin (15/8/2022). 

Aksi tim jurnalistik Muhlas mendokumentasikan lomba di sekolah.

Sebelum lomba dimulai, Zabdan Afkan Arifin (kelas 5 Al Furqon), Fildzah Naura Shabrina (kelas 5 Al Furqon), dan Aisyah Mumtaz Az Qiara (kelas 5 Al Furqon) dibagi tugas terlebih dulu.

Dalam kegiatan lomba yang berlangsung di halaman samping dan lantai 1,  Khalisah yang memvideo dan Fildzah bertugas memfoto serta ngevlog.

Sedangkan lomba yang ada dilantai 3 dan aula lantai 4 peliputan dilaksanakan dua anak didik kelas 5, Zabdan yang merekam gambar bergerak (memvideo) dan Aisyah melakukan pengambilan gambar tdk bergerak (memfoto) maupun ngevlog.

Perlombaan yang diadakan Sekolah merupakan pertama kali empat jurnalis cilik muhlas praktek liputan.

Fildzah menyatakan beraksi dihalaman samping sekolah tentu pengalaman pertama kali untuknya.

"Baru dua kali pertemuan di kelas. Kemudian, diajak praktek meliput membuat kondisi jelas sangat nervous. Bukan dilihat adik kelas, tapi diamati publik yang melewati lokasi perlombaan," kata siswi kelas 5.

Masa persiapan yang sekedarnya, Zabdan mengungkapkan praktek memvideo lebih menegangkan dibanding ulangan harian.

"Tidak ada pengalaman memvideo. Tapi, dengan arahan pembina dan pendampingan kakak kelas yang menjadi korlip, mempunyai pengalaman baru memvideo dari lantai yang berbeda dengan tempat lomba," ungkapnya yang juga diamini Aisyah.

Setelah bisa menguasai keadaan di lapangan, tidak hanya tiga regenerasi dari Tim Jurnalis Cilik Muhlas kembali dibuat jantung berdetak kencang.

Khalisah dan Fildzah secara bergantian praktek foto menggunakan kamera DLSR milik sekolah.

"Memegang kamera untuk pertama kalinya sudah setengah lemas apalagi ditambah dilihat para guru dan teman-teman. Beruntung, support pembina yang selalu totalitas mendampingi, rasa percaya diri terbentuk," tandas siswi yang akrab dipanggil Lis.

Dalam kesempatan yang sama, Fildzah berterus terang memfoto didepan teman dan ditengah lokasi lomba antar guru sempat membuat tidak bisa berkata-kata.

Bagi SD Muhlas, kegiatan internal sekolah merupakan kesempatan untuk menguji mental para kader Muhammadiyah yang bergabung di Tim Jurnalistik Muhlas. 



Penulis: Nadiyah Citra Ariefani - siswi kelas 6 SD MUHLAS

Editor : Muhaimin

Lensa_ldkpwmjatim


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.