LATIH KEKOMPAKAN SISWA, SDM DUBES LAKUKAN INI

Lensadakwah.com - Salah satu kegiatan pada acara DAPAMU (Darul Arqam Pelajar Muhammadiyah) SD Muhammadiyah 12 (SDM Dubes) Surabaya adalah penjelajahan. Yaitu menelusuri rute perjalanan yang terdiri dari beberapa pos dan menaklukan beberapa tantangan. Kamis (4/8/2022).

Salah satu permainan kekompakan saat DAPAMU SDM Dubes Surabaya.

Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok yang tiap kelompok terdiri dari 8 orang. Ada kelompok kobra putih, elang putih, harimau putih dan gajah putih. Untuk yang putri ada kelompok anggrek putih, teratai putih dan kenanga putih. 

Sepanjang perjalanan peserta didik harus tetap menjaga nama baik sekolah kita. Selalu jaga kesopanan, jangan membuang sampah sembarang atau merusak tanaman disekitar. Selalu jaga kekompakan dan kebersamaan. 

Ada tujuh pos yang harus dilalui seluruh kelompok. Masing-masing pos ada tantangannya. Misal pos pertama menyanyikan mars sang surya. Pos kedua menghafal janji pelajar Muhammadiyah, pos ketiga menyebutkan macam-macam organisasi otonom dan pos keempat adalah bola terbang. Inilah permainan yang mengasah kerja sama dan kekompakan. Tidak boleh ada yang egois. 

Salah satu kelompok putra saat penjelajahan.

Sebuah pipa yang diberi tali di beberapa sisi dan dipegang seluruh anggota kelompok. Di atas pipa ada sebuah bola. Tugas seluruh anggota adalah memperjalankan bola yang diatas pipa. Dengan jarak kurang lebih dua meter bola tidak boleh jatuh dan harus sampai ke titik akhir.

Dari beberapa kelompok ada yang bisa melakukannya dengan cepat dan adapula yang melakukan sampai bermenit menit namun belum berhasil juga, salah satu penyebabnya adalah karena belum adanya kekompakan.

Salah satu kelompok putri saat penjelajahan.

Zaidan Karim, salah satu peserta mengatakan permainan ini butuh konsentrasi dan kekompakan, salah satu bikin kesalahan bola bisa jatuh. "Inilah keseruannya ustadz. Sabar dan konsentrasi tidak boleh gerogi."  Ujar siswa yang hobi bermain bola.

Penulis : Dzanur Roin

Editor : Muhaimin


Lensa_ldkpwmjatim





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.