MENGAJAK BAIK DAN BURUK

Lensadakwah.com - Kajian ba'da Maghrib Ahad, 21 Agustus 2022 di Masjid At-Taqwa Pogot Surabaya disampaikan oleh ustad Suyadi, S.Ag., M.Si.


Ustad Suyadi 
saat menyampaikan kajian

Kajian membedah kitab Riyadushshalihin perdana setelah masa pandemi ini masih membahas beberapa Hadits yang terdapat dalam muqaddimah.

Diantara Hadits yang disampaikan adalah: 

 عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ – رضي الله عنه – قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم : مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ, فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Dari Abu Mas’ud Radhiyallahu anhu berkata, “Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukannya. HR. Muslim.

Hadits ini menjelaskan bahwa orang yang menunjukkan kepada orang lain suatu kebaikan atau suatu jalan hidayah, ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukannya.


Dalam penjelasannya panggilan ustad Suyadi menyampaikan 3 hal:

1. Pelaku dan pendorong mendapat kebaikan atau keburukan yang sama
2. Memastikan kebaikan atau keburukan sesuatu supaya tidak terjerumus
3. Jika tidak mampu melakukan setidaknya mendorong orang lain untuk melakukan.

Orang yang menunjukkan kebaikan akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakan kebaikan itu sendiri. Semakin banyak orang yang melakukannya, maka semakin banyak pahala yang didapatkannya.

lensa_ldkpwmjatim

Sumber: Kajian Ba'da Maghrib Masjid At-Taqwa Pogot Surabaya.

Editor   : Muchamad Arifin



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.