SDM 21 GELAR UJIAN TASMI' AL QUR'AN BIL GHOIB

Lensa dakwah.com-The Talented School SD Muhammadiyah 21 Surabaya menggelar ujian Tasmi’ Al-Qur’an bil Ghoib juz 29-30 sekali duduk. Sebanyak 13 siswa/siswi penghafal Al qur’an siap di uji kemampuan hafalannya dihadapan tim penguji dari Tilawati Citra Anak Sholeh (CAS) Surabaya. Selasa,23/08/2022.


Foto bersama peserta ujian tasmi' Al Qur'an

Menurut Miftachul Chasanah DM, Kaur. TPQ SD Muhammadiyah 21 Surabaya menyampaikan,  bahwa kegiatan Tasmi’ adalah kegiatan ujian tahfidz (menghafal Alqur’an) yang ditandai dengan memperdengarkan bacaan Alqur’an tanpa kesalahan dihadapan para penguji. 

Ia melanjutkan, kegiatan ini juga dihadiri oleh orang tua siswa. Disamping memberi support dan semangat. Para orang tua juga turut menyaksikan dan menyimak bacaan hafalan yang dilantunkan oleh putra/putrinya yang sedang melaksanakan ujian. Tuturnya.

Ujian tasmi’ ini merupakan pertama kalinya kita lakukan. Setelah 6 bulan para siswa-siswi mengikuti program Griyo Tahfidz SDM 21 dan dibimbing hafalannya oleh Pembina dari sekolah. Alhamdulillah, sudah memenuhi target dari yang telah ditentukan. Anak-anak kami insahallah siap mengikuti ujian Tasmi’ Al-Qur’an bil Ghoib juz 29-30 sekali duduk. demikian ucapnya.


Saat ujian berlangsung

Kepala sekolah SD Muhammadiyah 21, Priyo Sasongo, S.Pd. Dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para siswa/siswi yang terpilih untuk mengikuti ujian tasmi’ dan juga kepada para orang tua serta ustadz/ustadzah yang telah berhasil membimbing anak-anak sehingga bisa pada tahap ujian tasmi’. 

Ia menuturkan, Ujian tasmi’ ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana program Griya Tahfidz di SD Muhammadiyah 21 bisa berhasil. 

Disamping itu, lanjutnya, ujian ini merupakan salah satu bukti kesungguhan anak-anak dalam menghafal Alqur’an yang sudah 6 bulan kita laksanakan. Selain itu, kami berharap ujian tasmi’ ini menjadi motivasi agar anak-anak semakin memperbanyak hafalannya. Demikian tambahnya

Sebelum Ujian Tasmi’ Al-Qur’an bil Ghoib juz 29-30 sekali duduk dilaksanakan. Salah satu Tim penguji dari Tilawati CAS (Citra Anak Soleh) Surabaya Ust. Faiz Al-Ayyubi Al-Hafidz, M.Pd.I. memberi penguatan dan motivasi kepada peserta ujian.

Kami merasa bersyukur dengan adanya acara ujian tasmi’ ini.  para orang tua, guru dan masyarakat mendukung anak-anak dalam menghafal al qur’an. Ini bukan seperti anak-anak pada umumnya yang saya saksikan di pesantren yang intens menghafal dari mulai pagi sampai malam. Tapi saya menyaksikan bahwa anak kita ini ada banyak kegiatan di sekolah kemudian menghafalkan al qur’an. Sungguh kalian anak-anak yang luar biasa. Ujarnya memotivasi.

Ust. Faiz. Panggilan akrabnya, kembali mengungkapkan, Kami merasa  sangat bahagia bisa bersama-sama menyaksikan anak-anak yang akan di tasmi’ 1-2 juz. mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik sehingga bisa dicontoh oleh adik-adiknya. Dan bisa menjadi contoh sekolah-sekolah lainnya. sehingga yang mengadakan pertama kali akan ikut mendapat pahalanya. Demikian ungkapnya

anak-anakku siap ya……” ucapnya lantang sambil menoleh ke peserta ujian. 

“siaaapp. Jawab serentak ke 13 anak-anak yang berbaju putih ini.

Enggak usah grogi ya… Sambungnya, 

Kami juga punya lembaga yang membina anak-anak seperti kalian. jadi anggap saja seperti di kelas biasanya. Kami juga tidak menyeramkan kan? Ucapnya sambil senyum. Yang juga disambut senyum semua hadirin. 

Jika nanti, lanjutnya, ada sedikit lupa atau kesalahan itu manusiawi. Jangan takut, nanti kami akan mengingatkan. Demikian ucapnya meyakinkan.

Selanjutnya, Ujian tasmi’ yang digelar live di youtube Talented TV 21 Berjalan dengan lancar, sukses dan penuh hikmad sampai berakhir pukul 12.00. 

Selain Ust. Faiz Al-Ayyubi Al-Hafidz, M.Pd.I. Hadir sebagai penguji adalah Ust. Abdullah Izzin Husni, M.Ag, Ust. Ubaidillah dan Ustdzh Ghina Rizqiyah, S.Th.I.

lensa_ldkpwmjatim


Penulis:  M.Khoirul Anam

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.