TIGA LANGKAH MENJADI ORANG TUA HEBAT

Lensadakwah.com - Lembaga Pendidikan Ilmu Al Qur'an (LPIQ) Masjid At-Taqwa yang beralamatkan di Jalan Pogot no.1 Surabaya gelar silaturrahim dengan Wali Santri sekaligus pembagian rapot pada hari Kamis, 25 Agustus 2022.


Ustad Muchamad Arifin saat menyampaikan pengarahan dan kajian pada wali santri

Direktur LPIQ Masjid At-Taqwa yang sering dipanggil ustad Syamsul menyampaikan bahwa kegiatan rapotan ini bukan hanya sekedar pembagian rapot tetapi merupakan media silaturrahim antara ustad-ustadza bersama wali santri. Oleh karena itu bagi wali murid silahkan yang mau konsultasi kepada para ustad-ustadza ungkapnya dalam sambutannya.


Ustad Syamsul 
saat memberikan sambutan

Vika Aulia Az-Zahra yang ditunjuk menjadi pembawa acara dan Nisrina Siti Mirzatul ushaimah sebagai pembaca Al Qur'an dalam acara tersebut merupakan salah satu bentuk pembelajaran nyata yang diberikan pada santriwan-santriwati di LPIQ Masjid At-Taqwa.

Sebelum acara pembagian rapot dilaksanakan, maka pembawa acara mempersilahkan kepada ketua Takmir Masjid At-Taqwa ustad Muchamad Arifin untuk menyampaikan pengarahan kepada para wali santri.



Ketua Takmir yang akrap dipanggil ustad Arifin menyampaikan Tiga Hal yang perlu kita perhatikan untuk menjadi orang tua hebat, yaitu:

1. Orang tua harus menjadi teladan

Ayah dan ibu ialah orang terdekat bagi buah hatinya, keduanya yang pertama kali mengajarkan kaki menjejak tanah. Orang tua juga mengajarkan berbagai aspek nilai dalam kehidupan.

Teladan adalah sesuatu yang patut ditiru dan baik untuk dicontoh. Orang tua berperan menjadi model yang ditiru oleh anak-anaknya. Melalui kepribadian, perilaku, maupun prestasi dari orang tua menjadi inspirasi buah hatinya.


2. Orang tua harus mengarahkan 

Orang tua merupakan panutan pertama bagi anak sejak pertama dilahirkan. Dalam hal ini, orang tua wajib mendidik dan membesarkan anak dengan baik. Memberi pelajaran pada anak tentang berbagai macam hal, seperti berjalan, berbicara, hingga etika dan nilai-nilai sosial yang baik.

Ustad Arifin menjelaskan hal diatas dengan diiringi pemutaran vidio terkait pentingnya orang tua mengarahkan kepada masa depan yang lebih baik.

3. Orang tua memberikan pilihan 

Sebagian anak dalam melakukan sesuatu jarang mempertimbangkan dampak yang akan timbul yang penting senang tanpa memperhatikan apa yang akan terjadi kemudian. Oleh karena itu salah satu kewajiban orang tua adalah memberikan pilihan dampak yg akan terjadi jika melakukan ini dan itu. Salah satunya masalah penggunaan gadget.

Ada vidio yang sempat diputar yang berjudul dua masa depan yang berbeda. Dalam vidio tersebut menceritakan dua anak yang ketika masih kecil teman bermain tetapi setelah besar harus mengalami kondisi yang berbeda. Sang satu sukses meraih cita-citanya karena orang tuanya bisa mengarahkan dan membimbing, tetapi satunya sebaliknya.

Setelah pengarahan dari takmir acara dilanjutkan pembagian rapot dan konsultasi.

lensa_ldkpwmjatim



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.