FKPT JATIM SERUKAN SINERGITAS PENCEGAHAN TERORISME DI DAERAH

Lensadakwah.com – Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Timur berkesempatan berbagi informasi dalam Rapat Koordinasi Pencegahan dan Penanganan Konflik Sosial Melalui Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jawa Timur. Kamis, (15/9/2022).

Ketua FKPT Jatim (tengah) foto bersama seluruh peserta Rapat Konflik Sosial.

Kegiatan yang diselenggarakan selama 2 hari (14-15/9/2022) di hotel Aria Centra ini mengundang Bakesbangpol kota / kabupaten dan OPD anggota Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Jawa Timur.

Turut hadir menyampaikan materi yaitu Dr Hj Hesti Armiwulan SH MHum selaku Ketua FKPT Jatim dengan judul ‘Peran FKPT Jawa Timur dalam Strategi  Kontra Radikalisasi’.

Di awal paparan materinya, Ketua FKPT Jatim menjelaskan fungsi dan tugas yang diamanatkan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulanan Terorisme (BNPT) Republik Indonesia sebagai mitra strategis BNPT RI dalam melaksanakan tugas koordinasi pencegahan terorisme di daerah, sekaligus sebagai wadah partisipasi masyarakat di daerah dalam pencegahan terorisme.

Adapun program pencegahan terorisme meliputi Kesiapsiagaan Nasional, kontra radikalisasi dan deradikalisasi, sehingga dalam menjalankan fungsi dan tugas tersebut dibutuhkan sinergitas dan kolaborasi dari berbagai pihak (pentahelix) terutama dari unsur Pemerintah Daerah.

Diakhir kesempatan, Ketua FKPT Jatim juga menyampaikan program-program yang telah dilakukan dan rencana kegiatan survei IRT (Indeks Resiko Terorisme) dan IPR (Indeks Potensi Radikalisme), untuk itu kami sangat mengharapkan dukungan dan kerjasama dari BakesbangPol kabupaten/kota agar survei tersebut dapat terlaksana dengan baik.


Penulis : Muhaimin

Editor   : Muchammad Arifin

Lensa_fkptjatim


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.