KUNJUNGAN KETUA OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA DI PDM BANYUWANGI

Lensadakwah.com - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyuwangi, DR H Mukhlis Lahuddin MSi menerima kunjungan dari Ketua Ombudsman Republik Indonesia DR HM Najih SH MSi bertempat di Kantor PDM Lantai III Masjid KH Ahmad Dahlan Banyuwangi, Rabu (21/09/2022).

Suasana pertemuan di kantor PDM Banyuwangi

Dalam rangka kegiatan  diatas,  maka Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyuwangi mengundang hadirkan: anggota PDM,  anggpta PDA, LBHMU PDM,  ketua sekretaris AMM tingkat daerah (PDPM, PDNA, PDIMM, PDIPM,  KWARDA HW, PIMDA,  TSPM), PCM Cluring, PRM Sraten, PRM Tampo,  dan ta'mir Masjid Alhidayah Tampo.

Apa Itu Ombudsman?

DR KH Najih SH MSi dalam sambutannya menjelaskan apa itu ombudsman. Ombudsman Republik Indinesia yang disebut ombudsman adalah Lembaga Negara yang mempunyai kewenangan mengawasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik baik yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara,  Badan Usaha Milik Daerah,  dan Badan Usaha Milik Negara,  serta Badan Swasta atau perorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dati anggaran  pendapatan dan belanja daerah (Pasal 1 Undang Undang Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia).

Tugas Ombudsman

Adapun  mengenai tugas dari ombudsman, DR  KH M Najih SH MSi menjelaskan,  diantaranya adalah:
1. Menerima Laporan atas dugaan Maladministrasi dalam penyelenggaraan Pelayanan Publik.
2. Melakukan pemeriksaan substansi atas laporan.
3. Menindak lanjuti  Laporan yang tercakup dalam ruang lingkup kewenangan ombudsman.
4. Melakukan investigasi atas prakarsa  sendiri terhadap dugaan Maladministrasi dalam penyelenggaraan  Pelayanan  Publik.
5. Melakukan koordinasi dan kerjasama dengan Lembaga Negara atau Lembaga pemerintahan lainnya serta lembaga  kemasyarakatan dan perseorangan.
6. Membangun jaringan kerja.
7. Melakukan upaya pencegahan  Maladministrasi  dalam penyelenggaraan Pelayanan  Publik,  dan
8. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh Undang -Undang.

Fungsi Ombudsman

Ombudsman berfungsi mengawasi  penyelenggaraan  Pelayanan  Publik  yang diselenggarakan oleh Penyelenggara Negara dan pemerintah baik pusat maupun daerah termasuk yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara serta Badan Swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan  pelayanan publik tertentu.


Penulis : Suharni - Banyuwangi

Edito : Muhaimin

Lensa_ldkpwmjatim





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.