MENYELESAIKAN MASALAH TANPA MASALAH

Lensadakwah.com - Menyelesaikan semua masalah dengan petunjuk Allah, tampa biaya, dan bisa dikerjakan sendiri tanpa bantuan orang lain. Inilah yang disampaiakan oleh drh. Sri Widodo Ketua Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Muhammadiyah Kota Blitar.

drh. Sri Widodo

Ketua LDK Muhammadiyah Kota Blitar yang sering dipanggil ustad Sri Widodo menyampaikan bahwa, hanya dengan melaksanakan perintah Allah yang tercantum dalam Al Qur'an dan As sunah masalaha akan selesai. Tegasnya dalam kajian rutin ba'da sholat dhuhur berjama'ah  setiap hari kamis di masjid  Al Istiqomah LPKA tingkat 1 Blitar pada tanggal 8 dan 15 September 2022 M.

Dalam Kajian ya g diikuti oleh 70 an jama'ah yang terdiri dari adikmas, pegawai LPKA dan mahasiswa. 

Diawal ceramah Ketua Lembaga Dakwah Khusus Pimpinan Daerah Kota Blitar menyampaikan Asbabun Nuzul Q.S At Thalaq : 2 

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ ۚ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.


Ibnu Mardawaih dan Al-Khatib meriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a., Sesungguhnya ayat ini turun pada seorang anak dari Auf bi Malik yang ditawan musuh . Lalu ia dan istrinya memperbanyak membaca kalimat hauqalah (yaitu laa haula wa laa quwwata illaa billah  (tidak ada daya kekuatan, kecuali daya kekuatan Allah). Musuh yang menawan anaknya lengah dalam menjaganya sehingga anak itu berhasil melarikan diri dengan membawa kambing-kambing musuh dan diserahkan kepada ayahnya.

Ustadz drh Sri Widodo menambahkan Sebuah hadist dari HR Abu Dawud, Ibnu Majah, dan baihaqi : 

Dari Ibnu Abbas r. a., " Rasulullah SAW bersabda, Barang siapa yang selalu beristigfar (memohon ampun kepada Allah SWT) maka Allah SWT pasti menjadikan baginya jalan keluar dari segala kesempitan, kelapangan dari segala kesedihan dan Allah SWT memberikan kepadanya rejeki tanpa diduga-duga " (H.R. Abu Dawud, Ibnu Majah dan Baihaqi)

Dari Uraian diatas bisa diambil kesimpulan bahwa untuk menyelesaikan masalah tanpa masalah dengan cara diantaranya 

1. Membaca kalimat hauqalah : laa haula wala quwwata ila billah

2. Menjadi orang bertaqwa sebab orang bertaqwa kepada Allah, niscaya Allah akan membukakan jalan keluar baginya.

3. Banyak membaca istigfar niscaya Allah SWT akan memberi jalan keluar dari segala kesempitan dan kelapangan dari segala kesedihan.

Lensa_ldkpwmjatim


Penulis   : drh. Sri Widodo

Redaktur: Muchamad Arifin


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.