VITAMIN HATI (Bagian ke: 3)

Lensadakwah.com - Kajian rutin ba'da shubuh yang diasuh oleh ustad Nurcholis Huda pagi ini Rabu, 7 September 2022 di Masjid Attaqwa Pogot Surabaya masih melanjutkan materi sebelumnya terkait dengan pembahasan vitamin hati.


Ustad Nurcholis Huda

Dalam pantauan lensadakwah.com kajian pada rabu ba'da shubuh pekan sebelumnya masih terbahas pada nomor urut 1, 2 dan 3 saja, yaitu : 1). Shalat, 2). Membaca Al Qur'an dan 3) Gemar Shadaqah.

Kali ini kita akan mengikuti pembahasan pada nomor urut 4 yaitu :

4. Berpuasa

Puasa adalah salah satu cara untuk mengendalikan diri. Dalam hidup ini dibutuhkan kemampuan untuk memgendalikan diri agar bisa mencapai kehidupan yang aman, tentram dan damai. Orang yang tidak bisa mengendalikan diri akan mengalami kerugian yang pada diri sendiri maupun pada orang lain.

Mengendalikan diri merupakan jalan menuju taqwa. Orang yang tidak bisa mengendalikan diri akan jatuh menuju kesesatan. Kata ustad yang akrap dipanggil dengan ustad Nurcholis ini kepada jamaah.

Lanjut ustad yang juga Wakil Ketua MUI Jawa Timur ini menjelaskan bahwa orang yang tidak bisa mengendalikan diri seperti mengemudikan mobil dengan rem blong. Bayangkan apa yang terjadi jika mengemudi remnya blong.

Orang yang tidak bisa mengendalikan ucapannya sangat berbahaya apalagi jika orang itu pimpinan atau pejabat, maka akan banyak yang menjadi kurban.

Emosi yang tidak terkendali akan mematikan akal sehat. Siapa dan apapun bisa menjadi kurban. Mulai dari yang dianggap salah sampai yang tidak bersalah bahkan benda matipun menjadi sasaran. Inilah bahayanya emosi.

Dalam Hadits yang cukup populer disampaikan pesan kepada para pemuda yang belum sanggu menikah :

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ البَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ، وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ» صحيح البخاري 

Wahai sekalian pemuda, siapa di antara kalian yang telah mempunyai ba-ah, maka hendaklah ia menikah, dan barangsiapa yang belum mampu, hendaklah ia berpuasa karena hal itu akan lebih bisa meredakan gejolaknya.'” (H.R.Al-Bukhari)

Pesan yang terkandung dalam Hadits di atas lebih khusus kepada pemuda mungkin sudah waktunya menikah tapi masih belum bekerja atau masih kuliah atau faktor lain sehingga tidak mungkin untuk menikah, maka sebaiknya puasa.

5. Ingat Kematian

أَلَمْ تَرَ أَنَّ الْفُلْكَ تَجْرِي فِي الْبَحْرِ بِنِعْمَتِ اللَّهِ لِيُرِيَكُمْ مِنْ آيَاتِهِ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِكُلِّ صَبَّارٍ شَكُورٍ

Tidakkah kamu memperhatikan bahwa sesungguhnya kapal itu berlayar di laut dengan nikmat Allah, supaya diperlihatkan-Nya kepadamu sebahagian dari tanda-tanda (kekuasaan)-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi semua orang yang sangat sabar lagi banyak bersyukur. QS. Lukman: 31

Kematian itu datang dengan misterius. Tidak terikat dengan waktu. Orang mato tidak harus sakit dulu. Tidak harus menunggh tua. Tidak menunggu kita siap. Kapan saja bisa datang. Maka siap tidak siap harus siap.

Karena itu orang cerdas adalah orang  yang banyak mengumpulkan bekal untuk  mengingat pada kematian.

6. Istighfar

Istighfar inilah ointu masuk banyak memgingat Allah. Istighfar adalah memohon ampun atas segala kesalahan dan usaha untuk terus memperbaiki diri untuk lebih mendekatkam diri kepada Allah.

Setiap orang permah melakukan kesalahan oleh karena itu harus ditebus. dan terus berusaha  memperbaiki diri tidak mengulanginya.

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا

maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. QS. Niuh: 10

يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا

niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. QS. Nuh: 11

وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.

Istighfar juga permohonan agar tidak ditimpa bencana. 

7. Sabar

Kesabaran itu kekuatan luar biasa untuk menjaga hati dari gempuran hidup yang tidak terduga. Demikan pentinya sabar sampai dalam Al Qur'an disebutkan sebanyak 74 kali.

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu',. QS. Al Baqarah: 45

Sabar bukanlah berpangku tangan dan mengelus dada. Sabar adalah sikap tekun untuk mencapai keadaan yang lebih baik. Sabar juga berarti menahan diri untuk mewujudkan cita-cita.

8. Ikhlash

Inilah roh dari semua perbuatan anda. Kata ustad Nurcholis. Amal yang tidak ikhlas seperti barang mati. Tidak ada roh. 

Ikhlas itu kekuatan batin yang setan tidak sanggup menaklukkan. 

قَالَ رَبِّ بِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأُزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِي الْأَرْضِ وَلَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ

Iblis berkata: "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya. QS. Al Hijr: 39.

Setan sanggup menaklukkan hati semua orang. Ada iming-iming indah yang selalu menggoda manusia tertarik untuk mengikuti ajakannya. Ada yang setan tidak mampu memggodanya. Siapakah itu:

إِلَّا عِبَادَكَ مِنْهُمُ الْمُخْلَصِينَ

kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis di antara mereka". QS. Al Hijr: 40.

Semoga kita semua selalu menjadi hamba Allah yang istiqamah dan selalu mendekatkam diri kepada Allah swt.

Lensa_ldkpwmjatim.



Sumber   : Kajian Masjid Attaqwa

Redaktur: Muchamad Arifin





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.