INI CARA MENYIAPKAN GENERASI ISLAMI

Lensadakwah.com - Menurut Ali Bin Abi Tholib ada tiga tahap mendidik anak secara islami yaitu anak harus diperlakukan sebagai Raja, Tawanan dan teman.  

Ustad drh. Sri Widodo

Hal di atas disampaikan oleh Ustadz drh. Sri Widodo Ketua lembaga Dakwah Khusus (LDK)  Pimpinan Daerah Kota Blitar. 26 Oktober 2022.

Pada  Acara Kajian Rutin Pimpinan Daerah  Nasyiatul Aisyisyah  Kota Blitar  bertempat di masjid At Taqwa Muhammadiyah Kota Blitar dengan diikuti oleh seluruh pimoinan dan anggota PDNA Kota Blitar. 

Acara yang diawali dengan membaca Basmallah tersebut dipandu oleh Ustadzah Sefti Ana Wahyuningtyas SPdI sebagai MC. 

Acara dilanjutkan dengan ngaji bareng membaca QS Al Mulk bersama-sama, lanjut  pembacaan 10 Ikrar NA bertujuan untuk  mengingatkan dan bisa dilaksanakan oleh semua anggota   NA.  

Dalam kajian tersebut   PDNA Kota Blitar menghadirkan  Ustadz drh Sri Widodo sebagai pemateri dengan mengangkat sebuah tema "Menyiapkan Generasi Islami Jaman Now". 


Foto saat acara berlangsung

Pada awal tauziahnya Ketua LDK PDM Kota Blitar ini menyampaikan Acaman Generasi sekarang ini yang perlu diwaspadai oleh generasi jaman now (sekarang) adalah : 

1. Pengaruh Hand phone (HP), 

2, Penyalahgunaan Narkoba, 

3. Anak dijauhkan dari Masjid,

4. Pergaulan bebas (LGBT) 

5. Mewaspadai Berita Hoax

Ustadz yang lebih akrap dipanggil Pak Widodo ini menambahkan untuk menyiapan generasi Islami  dimulai dari:

1. Sebelum menikah : tidak hamil sebelum menikah. 

2. Sebelum dan setelah hamil : selaku berdoa kepada Allah 

3.setelah lahir : ada tiga  tahap mendidik anak  menurut Islam ala Ali bin Abi Tholib yaitu :

Tahap 1 Usia 0-7 tahun perlakukan anak seperti raja: melayani dengan sepenuh hati dan tulus, harus bisa tidak memanjakan dan tetap tegas pada hal tertentu.

Tahap 2 usia 8-14 tahun perlakukan anak seperti tawanan : anak sudah saatnya untuk memahami hak dan kewajibannya baik aqidah, hukum dan sesuatu yang dilarang dan diperolehkan seperti wajib sholat 5 waktu, pergaulan lawan jenis. 

Pada masa tersebut diatas inilah orang tua harus berani menerapkan sikap disiplin kepada anak.

Tahap 3 usia 15-21 tahun : Perlakuan anak seperti sahabat . Pada masa ini orang tua harus memposisikan diri sebagai sahabat dan memberikan teladan yang baik, membangun kesadaran bahwa mereka  sudah akil baligh , harus memposisikan sebagai sahabat biar anak mau terbuka dan bercerita kalau ada masalah. 

Ustadz drh Sri Widodo mengakhiri tauziahnya dengan menyampaikan 10 pesan  Lukman Hakim kepada Putranya yang tercantum pada Q.S. Luqman ayat 13-19 yang intinya sebagai berikut : 

1. Jangan menyekutukan Allah (syirik)

2. Kepada Kedua orang tua

3. Sadarlah selalu akan pengawasan Allah.

4. Laksanakan sholat

5. Berserulah kepada Kebaikan.

6. Cegahlah yang mungkar.

7. Sabarlah dalam menghadapi Ujian

8. Janganlah bersifat sombong

9. Sederhanakanlah dalam berjalan

10. Santunlah dalam berbicara

Harapan dari Ketua LDK PDM Kota Blitar semoga apa yang dusampaikan bisa diambil hikmah dan manfaatnya untuk mewujudkan generasi masa depan yang lebih baik.

lensa_ldkpwmjatim.


Sumber: Sri Widodo

Editor   : Muchamad Arifin

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.