KOMUNIKASI YANG MEMBAWA HIDUP BAHAGIA

Lensadakwah.com - Kajian rutin Rabu ba'da shubuh, 5 Oktober 2022 di Masjid At-Taqwa Pogot Surabaya yang diasuh oleh ustad Nurcholis Huda menyampaikan materi lanjutan dari materi sebelumnya terkait dengan tuntutan Islam dalam bermedsos.


Ustad Nurcholis Huda

Pada kajian Rabu sebelumnya telah dibahas pada bagian pertama, yaitu: Qaulan Sadidan. 

Qaulan Ma'rufa

Materi Qaulan Ma'rufa yang disajikan kali ini merupakan lanjutan dari kajian rutin Rabu sebelumnya, yaitu: Tuntunan Islam dalam Bermedsos.

Ustad Nurcholis Huda menjelaskan bahwa, yang dimaksut dengan Qaulan Ma'rufah disini adalah ucapan yang apabila didengarkan enak, tidak menyakitkan. Demikian juga jika berupa tulisan juga enak dibaca tidak menyakitkan.


Qaulan Layyina

Qaulan Layyina artinya adalah ucapan yang lembut. Selalu menjaga dari apa yang diucapannya.

Selanjutnya dibacakan Ayat Al Qur'an: 

اذْهَبَا إِلَىٰ فِرْعَوْنَ إِنَّهُ طَغَىٰ فَقُولَا لَهُ قَوْلًا لَيِّنًا لَعَلَّهُ يَتَذَكَّرُ أَوْ يَخْشَىٰ

Pergilah kamu berdua kepada Fir'aun, sesungguhnya dia telah melampaui batas. maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut, mudah-mudahan ia ingat atau takut". QS. Thaha: 43-44


Qaulan Maysyura

Qaulan Maysyura artinya:  Ucapan yang Menumbuhkan harapan. 

Ustad Nurcholis Huda dalam hal ini memberikan contoh ucapan ketika mengunjungi orang yang kena musibah, sakit. 

Ketika sedang mengunjugi orang sakit hendaknya memberikan harapan jangan menakut-nakuti. Sehingga bisa mengurangi beban dari yang sakit. 

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh). QS. Hud : 6

Untad Nurcholis Huda memberikan gambaran tentang kehidupan cicak yang menempel didinding yang rizkinya nyamuk yang terbang

Qaulan Baligha

Qaukan Baligha artinya adalah ucapan yang menyentuh hati. Bicara yang hanya keluar dari mulut beda dengan yang keluar dari hati.

Misalnya ketika Nabi Musa akan bicara dengan raja Firaun dia mintak bantuan kepada Nabi Harun karena bicaranya bagus dan menyentuh hati.

Qaulan Karima.

Qaulan Karima artinya ucapan yang mulia. Dalam hal ini ustad Nurcholis Huda mencontohkan seperti ucapan orang tua, atau orang yang kita tuakan.

Ucapan yang mulia merulakan puncak dari ucapan yang baik yang merupakan rangkumam dari dari qaulan-qaulan sebelumnya.

lensa_ldkpwmjatim








Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.