CARA DAKWAH LDK PDM GRESIK

Lensadakwah.com - Menperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada setiap tanggal 10 November tidak harus dengan menggunakan baju pahlawan. 


Foto saat Ketua LDK PDM Gresik memberikan bingkisan

Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Muhammadiyah Gresik justru gandeng Lazismu untuk datang ke saudara kita yang setiap harinya berada di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) yang berada dikawasan Desa Ngipik Kebomas Gresik.

Mordiono Ketua LDK PDM Gresik menyampaikan, bahwa kegiatan ini bermula dari hasil musyawarah bersama, bahwa apa yang dapat kita lakukan dalam momentum mengenang jasa-jasa para pahlawan 10 Nopember 1945. 

Akhir musyawarah diputuskan bahwa kita akan berbagi, kasih dan peduli kepada komunitas pemulung yang dalam keseharian penuh dengan gunungan sampah yang berbau. 

Kita harus peduli dengan mereka. Kata pimoinan rapat. Karena mereka telah membantu untuk memilih dan memilah sampat di tempat pembuangan akhir untuk diolah lebih lanjut.


Sebelum melakukan kegiatan kami menghadap kepala Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ibu Siti dengan menyampaikan maksud dan tujuan LDK Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gresik untuk lebih dekat dengan para pemulung. 

Kami akan melakukan pendampingan lebih lanjut supaya akan dapat mempunyai nilai tambah dalah kehidupan para pemulung tersebut.

Alhamdulillah, Ibu Siti selaku kepala TPA menyambut sangat baik dan mendukung program tersebut dengan langsung mendelegasikan kepada Bapak Edi sebagai koordinator lapangan untuk melakukan koordinasi. 


Beliau menjelaskan bahwa para pemulung sekarang dibagi menjadi 2, yaitu ada yang dipekerjakan untuk memilah dan mengoperasikan mesin sebanyak 30 orang dan pemulung lepas yang berjumlah sekitar 60 orang. 

Mereka kebanyakan berasal dari luar daerah dan tingga disekitar lokasi tetapi ada juga yang tinggal di kost.

Dalam baksos kali ini kami memebagikan nasi kotak sebanyak 100 box dan pakaian layak pakai lebih dari 200 potong untuk para pemulung beserta para pekerja yang ada dilokasi TPA Ngipik. 

Selain itu kami juga memberikan bantuan perlengkapan untuk mushola berupa sajadah, sarung, mukena serta sebuah kipas angin. Mereka sangat antusias dan berterima kasih atas perhatian kami, dan berharap kedepan perhatian terus akan berlangsung.

Koordinator lapangan Bapak Edi, sangat mengapreasi kegiatan ini dan berharap akan ada pertemuan-pertemuan rutin sambil ngopi dan berdiskusi dikawasan TPA pada malam hari sambil para pemulung istirahat. 

Beliau sangat terkesan dan mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Muhammadiyah, semoga semakin majuTerima kasih LDK Gresik.

lensa_ldkpwmjatim


Penulis : Yudo Broto

Editor   : Much. Arifin

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.