MENANAMKAN JIWA PATRIOTISME

Lensadakwah.com - Sebanyak 210 peserta didik SD Muhammadiyah 12 Surabaya mengikuti pembinaan dalam rangka Hari Pahlawan. Kegiatan ini bertempat di Masjid Al-Jihad Komplek perguruan SDM dubes Jl. Dupak Jaya V / 21- 28 Surabaya, Kamis (10/11/2022).

Iptu Munir saat menyampaikan materi pada siswa SDM Dubes

Sebagai pemateri adalah Iptu Munir Kasikum Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Dalam uraianya Iptu Munir menyampaikan kita sebagai generasi penerus harus memiliki jiwa patriotisme. Jiwa patriotisme adalah paham mengenai rasa cinta seseorang kepada bangsa dan negaranya yang ditampilkan dengan sikap kepahlawanan.

Semangat patriotisme perlu ditanamkan untuk dapat mempertahankan nilai-nilai luhur bangsa dan dapat mempertahankan negara dari berbagai ancaman dan gangguan yang berasal dari dalam maupun luar negeri. 

Di hari pahlawan ini ada berapa hal yang harus diteladani. Diantaranya adalah, pertama, semangat nasionalisme dan patriotisme yang tinggi. Kedua, Persatuan dan kesatuan. Ketiga, Kebersamaan dan Tanggung Jawab. Ke empat, Cinta tanah air. Dan yang kelima adalah rela berkorban tanpa pamrih. Untuk itulah mari bersama menjadi pahlawan. Pahlawan adalah pejuang yang gagah berani serta rela berkorban melawan penjajah. 

Beberapa hal yang perlu kita lakukan sebagai wujud menghargai jasa para pahlawan adalah saling menghormati dan menghargai satu sama yang lain. Menumbuhkan semangat cinta tanah air dan bangsa. Mengingat jasa para pahlawan dan selalu tekun dalam belajar. Itulah yang harus kita lakukan. 

Kita sebagai generasi penerus punya tanggung jawab. Adapun tanggung kita adalah sebagai berikut. Yaitu mengisi kemerdekaan indonesia dengan hal-hal yang positif. Saling toleransi dalam setiap perbedaan dan selalu menjaga persatuan dan kesatuan. Mengamalkan isi sila-sila pancasila dan menghindari pergaulan bebas yang menjurus pada hal-hal yang negatif. Dan yang terpenting bagi kalian sebagai pelajar harus belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh. Itulah tugas kalian. Ujar pak Munir.

Muhammad Satria Al-Zam-zami mengatakan sangat senang kegiatan ini. Saya bisa mengetahui sejarah perjuangan zaman dulu, bisa tahu bagaimana perjuangan para pejuang dahulu, tidak hanya berkorban waktu, dan tapi juga berkorban jiwa. Kata siswa kelas 4 Al-Qodar

Ustadz Sudarno wali kelas 4 Al-Qodar mengatakan dalam rangkah menyambut hari Pahlawan sekolah mengundang polisi untuk memberi motivasi kepada siswa tentang kepahlawanan. Tujuan dari ini adalah menanamkan jiwa patriotisme. Semoga anak-anak bisa meneladani semangat para pejuang yang kelak anak-anak menjadi anak-anak yang berprestai. Ujarnya.

Penulis : Dzanur Roin

Editor : Muhaimin

Lensa_ldkpwmjatim








Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.