PESAN FKPT JATIM PADA PEMUDA

Lensadakwah.com - Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Timur ajak para pemuda yang hadir dalam kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan. Senin, 28 November 2022.


Dr. Hesti Armiwulan, SH., MH saat menyampaikan paparan

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut Dr. Hj. Hesti Armiwulan, SH., MH. Ketua FKPT Jawa Timur mengajak kepada para pemuda agar selalu waspada terhadap isu-isu yang menyesatkan.

Panggilan Dr. Hesti mengajak kepada peserta untuk mengenali sejak dini akan Pola Penyebaran Paham Radikalisme dan Terorisme. 

Pola tersebut melipiti: 

1. Media masa yang meliputi internet, buku, majalah dan jenis media sosial lainnya.

2. Komunikasi langsung. Misalnya dengan diskusi, seminar dan seterusnya.

3. Hubungan kekeluargaan dengan bentuk pernikahan, kekerabatan dan keuarga inti.

4. Lembaga pendidikan disekolah dan perguruan tinggi dan lembaga pendidikan lainnya, formal atau nonformal.

Selain pola penyebaran paham diatas Dr. Hesti juga menyampaikan faktor penyebab menjadi teroris. Hal ini disampaikan agar para pemuda tidak sampai terperangkap pada penyebaran paham yang membahayakan bagi kelangsungan generasi yang akan datang.


Foto saat para narasumber menyampaikan materi

Banyak generasi yang bergabung organisasi teroris karena ingin mencari jadi diri. Biasanya yang mudah terjebak dalam organisasi ini memiliki latar belakang traumatis dan kelompok beresiku dalam keluarga dan seterusnya.

Mencari keadilan sering kali menjadi faktor penyebab bergabungnya kepada organisasi teroris ini. Bahkan keputusan untuk menjadi jihadis sering kali diambil tanpa memikirkan dampak negatifnya yang ditimbulkan. Jelas Doktor dari Ubaya ini.

Sebelum mengakhiri paparannya Ketua FKPT Jatim kembali mengajak kepada pemuda untuk selalu waspada akan penyebaran paham-paham yang dapat memecah belah bangsa.

lensa_ fkptjatim




Muchamad Arifin
Penulis





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.