TAKJUB SEKALIGUS SEDIH MELIHAT SEJARAH ISLAM DI SPANYOL

Lensadakwah.com - Kajian Rabu ba'da shubuh di Masjud At-Taqwa Pogot Surabaya, 9 November 2022 yang diasuh oleh ustad Nurcholis Huda menyampaikan kajian  lanjutan pekan sebelumnya terkait rihlah dakwah ke Turki-Mesir.


Ustad Nurcholis Huda

Rihlah Dakwah di Turki

Dalam kajian sebelumnya ustad  Nurcholis menyampaikan perjalanan dakwah di Turki. Kejayaan Turki pada masa Al Fatih melawan penjajah konstantin.

Kejayaan Islam pada saat itu hingga membangun kota Istambul, diantaranya mendirikan Masjid Aya Sofia pada tahun 1453 setelah merobohkan gereja lambang kerajaan Katolik Roma.

Sekarang semua tinggal mimpi. Masjid Aya Sofia yang megitu megah sudah beruba fungsi menjadi musium.

Rihlah Dakwah di Spanyol

Takjub sekakigus sangat sedih melihat kejayaan Islam di Spanyol selama ratusan tahun bisa musnah tidak berbekas
Perjalanan yang melelahkan tapi juga menyenangkan. Kata ustad Nurcholis Wakil Ketua Muhammadiyah Jawa Timur. Pasalnya dari Istambul masih memerlukan 3 jam untuk sampai di Ibu Kota Spanyol.

Di Spanyol inilah peninggalan kejayaan Islam ditemukan. Salah satunya adalah Masjid Katerdal Cordoba.

Masjid Cordoba semula adalah sebuah gereja. Lalu Sultan Abdurrahman I membelinya separuh buat shalat. Namun dalam perjalanannya gereja tersebut dijualnya dan akhirnya menjadi Masjid semua.

Selama kurun waktu 200 tahun Masjid Cordoba menjadi sangat besar sehingga bisa muat 80 ribu jamaah. Diatas mihrobnya ditulis ayat-ayat Al Qur'an dari emas, sehingga bertahan tulisam itu sampai sekatang. Jelas ustad Nurcholis oada jamaah.

Dibawah kekuasaan Islam, Spanyol menjadi negara yang sangat maju hingga seluruh Eropa. Kehidupan rakyatnya sejahtera, semua sekolah mulai dari tingkat bawah hingga perguruan tinggi ada. 

Ibnu Rusyd seorang tokoh yang menguasai ilmu kedokteran juga agama, astronomi dan bebwrapa canang imu lainnya menjadikan semakin jaya dan sejahtera masyarakatnya.

Semuanya gini hanya tinggal kenangan. Jejak Ibu Ruyd hanya dikenal dilingkungan kampus. Gini hanya tinggal monumen diperkampungan wilayah Cordoba.

Islam mengalami kejayaan selama 700 tahun, setelah itu terjadi perpecahan rebutan kekuasaan hingga menjadikan sekarang Islam nyaris tak berbekas.


Saat ustad Nurcholis Huda foto didepan mihrob yang tergantung patung tuhan agama lain

Sebuhan kesedihan yang mendalam ketika melihat mihrob Masjid bertulisan Ayat Al Qur'an dari emas gini dipasang patung tuhan dari agama mayoritas.

lensa_ldkpwmjatim

Sumber: Kajian Masjid At-Taqwa
Penulis : Muchamad Arifin













Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.