KAJIAN BAHAS ISU INTOLERAN - RADIKAL

Lensadakwah.com - Kajian Ahad Ba'da Shubuh, 11 Desember 2022 di Masjid Remaja Kalilom Lor Surabaya membahas soal Isu Intoleran-Radikal yang berkembang di media sosial.

Ustad Muchamad Arifin saat memberikan kajian 

Isu intoleran-radikal yang bertebaran di media sosial jangan sampai mengganggu kekhusukan kita dalam menjalankan ibadah.

Pesan tersebut yang disampaikan oleh ustad Muchamad Arifin Ketua Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Muhammadiyah Jawa Timur sebagai pengampu pada kajian ahad pagi di Masjid Remaja tersebut.

Bicara soal intoleran sesungguhnya adalah bicara soal penyakit hati. Allah melarang kepada hambanya tumbuh penyakit hati, karena bisa mengurangi kekhusukan dalam praktek hidup beribadah.

Lanjut panggilan ustad Arifin mengutip Ayat:

وَأَمَّا الَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ فَزَادَتْهُمْ رِجْسًا إِلَىٰ رِجْسِهِمْ وَمَاتُوا وَهُمْ كَافِرُونَ

Dan adapun orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, disamping kekafirannya (yang telah ada) dan mereka mati dalam keadaan kafir. QS. At-Taubah: 125.

Dalam firman itu dijelaskan kalau penyakit hati yang dimiliki seseorang akan membawanya pada kekafiran hingga mati dalam keadaan kafir.

Diantara penyakit hati yang biasa terdapat dalam diri manusia adalah: Iri, dengki, hasut dan sombong merasa dirinya paling segalanya. 

وَلَا تَتَمَنَّوْا مَا فَضَّلَ اللّٰهُ بِهٖ بَعْضَكُمْ عَلٰى بَعْضٍ ۗ لِلرِّجَالِ نَصِيْبٌ مِّمَّا اكْتَسَبُوْا ۗ وَلِلنِّسَاۤءِ نَصِيْبٌ مِّمَّا اكْتَسَبْنَ ۗوَسْـَٔلُوا اللّٰهَ مِنْ فَضْلِهٖ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا

Dan janganlah kamu iri hati terhadap karunia yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain. (Karena) bagi laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan bagi perempuan (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Mengetahui segala sesuatu,". QS. An Nisa': 32


Foto bersama dengan beberapa pengurus masjid lain yang hadir dalam kajian tersebut.

Kepada jamaah ketua LDK Muhammadiyah Jawa Timur ini menjelaskan, bahwa permasalahan ketidak harmonisan  ditengah kehidupan tidak lepas dari penyakit hati.

Akibat dari penyakit hati bisa menimbulkan yang namanya dengki, berujung hasud yang bisa menimbulkan ketidak harmonisan ditengah kehidupan, baik diengah keluarga, masyarakat, beragama dan bernegara.

Islam mengajarkan umatnya agar menjauhi sifat dengki. Alquran menuturkan kisah yang dialami si makhluk terkutuk, Iblis. Mengapa sosok dari bangsa jin itu enggan melaksanakan perintah Allah SWT yakni bersujud hormat kepada Adam alaihissalam? 

قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلَّا تَسْجُدَ إِذْ أَمَرْتُكَ ۖ قَالَ أَنَا خَيْرٌ مِنْهُ خَلَقْتَنِي مِنْ نَارٍ وَخَلَقْتَهُ مِنْ طِينٍ

Allah berfirman: "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" Menjawab iblis "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah".QS. Al A'raf: 12

Intoleran yang merupakan bagian dari penyakit hati ini dilarang dalam Islam  karena bisa menimbulkan rencana jahat, ancaman (radikal). Bahkan bisa menimbulkan permusuhan bahkan bisa melahirkan kepada terjadinya aksi teror (terorisme).

Isu maupun tuduhan radikal teroris kepada umat Islam tidak akan terjadi jika kita sebagai umat Islam selalu menjadikan Al Qur'an sebagai rujukan kita dalam berfikir, dan berperilaku.

هَٰذَا بَيَانٌ لِلنَّاسِ وَهُدًى وَمَوْعِظَةٌ لِلْمُتَّقِينَ

(Al Quran) ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. QS. Ali Imran: 138.

Ustad Arifin mengahak kepada para jamaah agar tidak lagi ragu-ragu dalam menjadikan Al Qur'an sebagai petunjuk hidup. 

ذَٰلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ

Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,.QS. Al Baqarah: 2.

Kajian di Masjid Remaja yang dilengkapi dengan layar projektor dengan suguhan susu segar saat mengikuti kajian menjadikan para jamaah semakin betah mengikutinya.

lensa_ldkpwmjatim



 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.