M25: GENERASI HEBAT ITU PEDULI LINGKUNGAN

Lensadakwah.com - Sabtu, 3 Desember 2022 seluruh peserta didik kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (M25) mengikuti kegiatan pengajian keliling di kediaman ananda M.Kal-el Adiandeno, randu barat 1/38 Surabaya.

Ustad Soedjono saat menyampaikan ceramah 

Kegiatan pengajian keliling kelas 6 merupakan bagian dari budaya M 25 dalam rangka menjalin silahturahmi dengan wali murid serta meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan peserta didik. 

Aksar wiyono M.Pd.I selaku wakil kepala M25 menyampaikan bahwa kegiatan pengajian keliling merupakan wadah silahturahmi serta meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan dalam mewujudkan madrasah hebat dan beradab.

Sementara itu, Ustadz Soejono M.Pd selaku tim Lembaga Dakwah Khusus (LDK) PWM Jatim berhasil membuat jamaah yang hadir tersenyum lepas saat memperhatikan tausyiahnya.

Dihadapan seluruh jamaah Ustadz Soejono menyampaikan "Dalam diri Rasulullah terdapat sauri tauladan yang baik bagimu sesuai dengan surat al ahzab ayat 21."

Suasana tadarrus sebelum ceramah berlangsung

Secara eksplisit beliau menegaskan ada lima R

"Seger, kober, banter, pinter, dan bener" agar menjadi generasi islam yang hebat dan beradab.

"Seger" memiliki makna sehat. Rasullullah tidak pernah sakit karena menjaga pola sehatnya. 

Makan sebelum lapar, berhenti makan sebelum kenyang. Rasulullah juga tidak pernah merokok dan minum khamar.

"Kober" memiliki makna pandai membagi waktu. Generasi Islam hebat harus bisa membagi waktu antara beribadah, belajar dan aktivitas lainnya.

"Banter" memiliki makna cepat tanggap terhadap lingkungan disekitar. Generasi Islam hebat itu peduli dengan kejadian dilingkungan sekitar tidak acuh tak acuh.

"Pinter" generasi islam harus cerdas, jangan malas untuk membaca dan belajar sesuai perintah pertama Allah kepada Rasulullah yang tertuang dalam surat Al alaq ayat 1-5. 

"Bener" al Qur'an dan as Sunnah menjadi pedoman hidup, serta petunjuk bagi seluruh generasi islam.

Tentu saja kegiatan tersebut sangat mengasyikkan dan mengedukasi. Rama salah satu jamaah pengajian keliling kelas 6b mengatakan "Alhamdulillah uztad seneng banget, sekarang saya tambah mengerti bagaiman menjadi anak yang sholeh dan hebat."

lensa_ldkpwmjatim

Sumber : Alip

Editor    : Muchamad Arifin




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.