MEMBUKA PINTU RIZEKI

Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya dan menyempitkan (bagi siapa yang dikehendaki-Nya). akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

Lensadakwah.com -  Kajian Ahad ba'da Magjrib, 25 Desember 2022 di Masjid At-Taqwa Pogot Surabaya disampaikan oleh ustad Drs. H. Sholeh AZ, MSi.

Ust. Drs. H. Sholeh, AZ, M.Si

Dalam kajian tersebut panggilan ustad Sholeh ini menyampaikan materi "Membuka Pintu Rizki". 

Di awal ceramahnya disampaikan ayat yang berbunyi :

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. QS. Al Baqarah: 186.


Menurut Ibnul Qayyim ada 4 cara untuk bisa dimudahkan oleh Allah:

1. Hendaklah membiasakan shalat malam

Sebagai cara untuk mendekatkan diri pada Allah swt. 

Allah akan memberikan tempat yang terpuji bagi hambaNya yang rajin shalat malam. Ada kenikmatan tersendiri bagi hamba yang rajin shalat.

Jika hambaku mintak kepadaku pasti akan Ku beri. Mintak rezeki, mintak ampun, dan mintak yang lainnya.

2. Hendaklah memperbanyak istighfar.

Banyaknya dosa akan menutupi pintu kemudahan. Oleh karena itu mari kita banyak istighfar.

Hendaklah memperbanyak kalimat thoyyibah. Misalnya Subhanallah, Alhamdulillah  Allahu Akbar.

Jika kita ingat kepada Allah pasti Allah akan ingatvpada kita. QS. Al Baqarah: 152.

3. Membiasakan Shadaqah.

Biasakan shadaqah dengan istiqamah. Allah akan melebihkan bagi hambanya yang biasa shadaqah.

Sedekah bukanlah masalah nominal besar maupun kecil, melainkan keikhlasan hati kita dalam membantu sesama dan istiqomah mengerjakan amalan tersebut.

Dari Aisyah radhiyallahu ’anha, beliau mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu ’Alaihi Wassalam bersabda, ”Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang berkelanjutan walaupun itu sedikit.” Aisyah radhiyallahu ’anha pun ketika melakukan suatu amalan selalu berkeinginan keras untuk merutinkannya. (HR Muslim).

Berdzikir Pada Waktu Pagi dan Petang

Kepada para jamaah ustad Sholeh mengajak agar kita rajin membaca: QS. Al Ikhlas 3x, QS Al Falaq 3x dan QS. An Nas 3x ini minimal setiap pagi dan sore.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ وَلَا أَوْلَادُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ ۚ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَٰلِكَ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ

Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang merugi.QS. Al Munagiqun: 9.

lensa_ldkpwmjatim


Sumber: Kajian Masjid Attaqwa

Penulis : Muchamad Arifin




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.