PELESTARIAN LINGKUNGAN JADI PUNCAK TEMA SDM 24 SURABAYA

Lensadakwah.com - Sekolah karakter SD Muhammadiyah 24 Surabaya melaksanakan kegiatan puncak tema. Kegiatan ini merupakan program di akhir semester baik semester 1 dan 2 yang dilaksanakan oleh masing-masing kelas, mulai kelas 1-6 sesuai dengan tema kelasnya. Untuk kelas 5 bertema 'Udara Bersih dan Sehat : Making and Maintaining Vertical Garden', Senin (19/12/2022). 

Sambutan ustadzah Norma dalam puncak tema kelas 5 SDM 24 Surabaya

Ustadzah Norma Setyaningrum MPd kepala sekolah karakter SD Muhammadiyah 24 Surabaya menyampaikan "Ustadzah tidak akan bosan-bosannya untuk mengingatkan anak-anak dalam kebaikan khususnya untuk pendengar yang baik. Masih ingat tentang lagu menjadi pendengar yang baik, mari kita bernyanyi bersama tentang menjadi pendengar yang baik". Tuturnya

Ustadzah Norma menjelaskan ada 3 ciri pendengar yang baik, yang harus kita fahami dan dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu :

1. Buka mata; menggunakan mata dengan baik, melihat yang berbicara dengan fokus. 

2. Buka telinga; menggunakan telinga dengan baik, fokus mendengarkan kepada yang berbicara. 

3. Bergantian dalam berbicara; berbicara harus bergantian, supaya bisa memahami dengan baik apa yang akan dibicarakan. 

"Kami berharap anak-anak bisa mempraktikkan di rumah sebagai bagian dari melestarikan lingkungan dengan konsep urban farming; bertani di lingkungan perkotaan. Hadir dalam kesempatan ini adalah TIM dari DKPP Mini Agro Jambangan bapak sebagai pemateri yang akan memberi wawasan sekaligus praktek membuatnya tentang konsep urban farming". Tutup Ustadzah Norma yang juga aktif di Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Surabaya. 

Selanjutnya Ustadzah Dewi Suwaibah SPd wali kelas 5 Filantropi koordinator kegiatan puncak tema kelas 5 menyampaikan kegiatan puncak tema  ini adalah bagian dari mengimplikasikan materi yang sudah kita pelajari di semester 1. "Kita mengambil tema 'Udara Bersih dan Sehat', jadi anak-anak tidak hanya tahu secara teori tetapi juga bisa membuatnya dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana cara membuat udara bersih dan sehat untuk lingkungan kita, khususnya di daerah perkotaan." Tuturnya.

Ustadzah Dewi menjelaskan konsep urban farming menjadi hal yang tepat untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Anak-anak membuat pot dari botol bekas yang dirangkai secara vertikal sebagai wadah tanam. Konsep ini disebut sebagai vertical garden. Ini sangat tepat diterapkan di lingkungan yang sangat sempit, seperti di daerah perkotaan. Jadi, kita bisa menanam tanaman walau lingkungan kita sempit dan ini adalah bagian dari upaya melestarikan lingkungan khususnya lingkungan dengan udara yang bersih dan sehat.

Penulis : Salman - SDM 24 Surabaya

Editor : Muhaimin

Lensa_ldkpwmjatim


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.