AKIBAT MENGABAIKAN AMANAH

Lensadakwah.com - Sesungguhnya manusia diberikan kesempatan hidup di dunia hanya untuk menjalankan amanah-Nya. Inilah yang disampaikan ustad Muchamad Arifin dalam kajian ba'da Shubuh di Masjid At-Taubah Demak Barat I/ 39 Surabaya. Ahad, 22 Januari 2022.

Ustad Muchamad Arifin

Dalam muqaddimahnya Ketua Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Muhammadiyah Jawa Timur (2015-2022) menyampaikan ayat yang berbunyi :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَخُونُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُوا أَمَانَاتِكُمْ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui. QS. Al Anfal: 27

Kerusakan dimuka bumi itu sesungguhnya diakibatkan  oleh manusia yang tidak bisa menjaga amanah dengan baik.

Kepada para jamaah panggilan ustad Arifin ini mengajak memperhatikan segala kerusakan yang terjadi di muka bumi ini adalah akibat dari amanah yang tidak dijalankan.


Mari kita perhatikan; Ketika dalam sebuah keluarga itu ada pertengkaran pasti akibatknya karena ada anggora keluarga yang tidak amanah, Ketika dimasyarakat ada kegaduhan pasti ada anggota masyarakat yang tidak amanah, ketika negara menjadi kacau pasti karena pemimpinnya tidak amanah. Jadi sumber dari masalah itu terjadi karena kurangnya menjaga amanah.

Menjaga amanah itu tidak gampang. Bahkan amanah itu akan dimintai pertanggung jawaban dihadapan Allah swt. Tetapi kenapa banyak orang yang berebut amanah ? Itulah manusia yang tidak pernah puas dengan nikmat yang telah diberikan.

Tidak sempurna keimanan bagi orang yang tidak amanah dan tidak sempurna agama seseorang bagi yang tidak memenuhi janji

 ما خطبنا نبي الله صلى الله  عليه وسلم: لا ايمان لمن لا امانة له ، ولا دين لمن لا عهدله

Tidaklah Nabiyullah Shallallahu 'alaihi wa salam berkhutbah kepada kami, melainkan beliau bersanda: Tidak ada iman bagi orang yang tidak memiliki sifat amanah, dan tidak ada agama bagi orang yang tidak menepati janjinya. HR. Imam Ahmad.

Agar kita selalu bisa menjaga amanah, marilah kita sesalu mendekatkan diri kepada Allah swt.

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.QS. Al Baqarah: 152

Rasulullah saw bersabda:“Empat hal jika dia ada dalam dirimu, engkau tidak merugi walaupun kehilangan dunia. Menjaga amanah, berkata dengan jujur, berakhlaq yang mulia dan menjaga makanan (dari yang haram).” (HR. Ahmad)

lensadakwah.com


Sumber : Kajian Masjid At-Taubah Surabaya.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.