MUHASABAH AKHIR TAHUN 2022

Lensadakwah.com - Muhasabah Akhir Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Masjid At-Taqwa Pogot Surabaya, 31 Desember 2022 disampaikan oleh ustad Nurcholiss Huda.


Ustad Nurcholis Huda

Tujuan diselenggarakan kegiatan Muhasabah akhir tahun dalam upaya untuk koreksi diri juga menghindari anak remaja untuk tidak keluar rumah mengikuti perayaan malam di tahun baru.

Dalam ceramahnya ustad Nurcholis Huda penasihat dari Masjid At-Taqwa ini menjelaskan berkaitan dengan tiga golongam manusia, yaitu : 

من كان يومه خيرا من أمسه فهو رابح. ومن كان يومه مثل أمسه فهو مغبون. ومن كان يومه شرا من أمسه فهو ملعون

“Barangsiapa yang harinya sekarang lebih baik daripada kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung. Barangsiapa yang harinya sama dengan kemarin maka dia adalah orang yang merugi. Barangsiapa yang harinya sekarang lebih jelek daripada harinya kemarin maka dia terlaknat.”

مَنِ اسْتَوَى يَوْمَاهُ فَهُوَ مَغْبُونٌ ، وَمَنْ كَانَ يَوْمُهُ شَرًّا مِنْ أَمْسِهِ فَهُوَ مَلْعُونٌ

“Barangsiapa yang dua harinya (hari ini dan kemarin) sama maka ia telah merugi, barangsiapa yang harinya lebih jelek dari hari sebelumnya, maka ia tergolong orang-orang yang terlaknat”.
Marilah kita pertahankan segala kebaikan yang kita lakukan, bahkan akan lebih baik lagi jika kita bisa meningkatkan. 

Suasan jamaah pada saat Muhasabah berlangsung

Acara berlanjut dengan memutar film Laskar Pelangi.

Film yang menceritakan mengenai kehidupan anak-anak di desa Gantong, Pulau Belitung pada masa sekolahnya.
 
Pembukaan sekolah di SD Muhammadiyah Gantong yang hanya dihadiri 9 orang, Bapak Harfan selaku kepala sekolah sempat ingin menyerah dan menutup sekolah.

Dalam perjalanannya sekolah yang bertempat di sebuah bangunan yang tidak layak, karena jika musim hujan kehujanan , jika musim panas kepanasan, tetapi dengan semangat dan keikhlasan gurunya menjadikan prestasi dalam beberapa perlombaan, seperti cerdas cermat dan karnaval.

Acara Muhasabah yang lebih banyak dihadiri oleh para Remaja Masjid (IPM) juga beberapa jamaah ini berakhir pada pukul 22.15 menit.

Ketua takmir Masjid At-Taqwa ustad Muchamad Arifin merasa senang bisa selenggarakan acara Muhasabah seperti ini karena sebagai antisipasi remaja dari perayaan Tahun Baru juga koreksi diri.

lensa_ ldkpwmjatim


Penulis: Muchamad Arifin







Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.