NIKMATNYA PIZZA BIKINAN SISWA MUDATU

Lensadakwah.com – Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 21 Surabaya atau yang sering disapa SD Mudatu mengadakan acara “Cooking Class” untuk anak-anak kelas 5 pada Selasa (17/01/2023). Kegiatan tersebut diadakan di halaman sekolah dengan mengusung tema “Belajar Membuat Pizza Bersama Bunda Diah”. 

Siswa Mudatu pamerkan pizza setelah berhasil membuatnya.

Sebanyak 76 siswa-siswi kelas 5 mengikuti kegiatan tersebut dengan berbagai alat dan bahan yang telah mereka persiapkan dari rumah masing-masing. 

Hadir sebagai nara sumber atau guru tamu, Dyah Aisya Erdika, pemilik Toko Dyah Roti, sekaligus salah satu anggota IKWAM (Ikatan Wali Murid) SD Mudatu. hadir juga bunda Rara, bunda Rayyan, dan bunda Nabila pengurus IKWAM, yang ikut membantu memandu anak-anak dalam pembuatan pizza Nabila. 

Di awal kegiatan, Bunda Dyah, sapaan akrabnya, memberikan penjelasan mengenai alat dan bahan apa yang perlu di persiapkan, kemudian ukuran bahan-bahan yang perlu dimasukkan untuk membuat adonan. Berlanjut dengan cara membuat adonan pizza.

Sementara itu, kaur kesiswaan sekaligus wali kelas 5 Adhenium, Luthfiyatin, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan cooking class ini merupakan kegiatan praktik dari materi pelajaran anak-anak mengenai bab kegiatan ekonomi, khususnya di bidang produksi.

Saat produsi pizza berlangsung

Kegiatan ini merupakan kegiatan praktik siswa berdasarkan materi yang telah mereka pelajari, yakni tentang bab kegiatan ekonomi, khususnya di bidang produksi. Sehingga anak-anak tidak hanya sekedar mamahami apa itu kegiatan produksi, namun mereka juga bisa merasakan langsung pengalaman memproduksi sesuatu.terang Luthfi,

Perempuan yang dinobatkan sebagai guru penggerak Kemendikbud RI angakatan IV tahun 2022 ini kembali menuturkan, memilih pizza karena rata-rata semua anak menyukai pizza. Sehingga setelah lelah membuat pizza, nanti pizza buatan mereka bisa di konsumsi bersama-sama. tambahnya. 

Pada kesempatan yang sama, Devi Falachiyah, S.Pd.I, wali kelas 5 Sakura menuturkan bahwa dalam kegiatan cooking class ini, masing-masing kelas membagi peserta didiknya menjadi 5 kelompok. Sehingga total ada 15 kelompok yang akan belajar membuat pizza. 

Kegiatan yang berlangsung selama 2 jam tersebut berlangsung dengan meriah. Semua anak tampak antusias menyimak guru tamu yang memandu sambil mencontohkan step by step dalam pembuatan pizza.

Setiap kelompok sibuk mengikuti arahan yang diberikan, mulai dari membuat adonan, memotong-motong bahan yang akan di buat topping pizza, hingga memanggang pizza. Tidak jarang dari mereka yang merasa kesulitan karena ini merupakan pengalaman pertama bagi mereka dalam membuat pizza.

Salah satu anak yang cukup terlihat bersemangat dalam proses pembuatan pizza, yakni Andy Berlian dari kelas 5 Sakura, menyampaikan kesannya dalam pengalaman membuat pizza. 

Membuat pizza ternyata cukup mudah, bahan-bahannya juga mudah di dapat. Untungnya saya mendapat tempat di depan, jadi saya bisa mengikuti arahan dari bunda Diah dengan jelas. tuturnya dengan tersenyum.

Ditanya tentang hasil kreasi pizza buatan kelompoknya, Berlian mengaku cukup puas. 

Pizza kami bisa matang dengan baik. Kami juga berusaha menghias pizza dengan bagus, kami meniru bentuk pizza yang ada di iklan Pizza Hut,hahahaha….ungkapnya sambal tertawa.

Di akhir kegiatan, Bunda Dyah menyampaikan kesannya bisa membuat pizza bersama anak-anak SD Mudatu.

Alhamdulillah saya ucapkan terimakasih kepada SD Mudatu dan para ustadzah kelas 5 karena sudah mengundang saya sebagai guru tamu untuk belajar memasak pizza bersama anak-anak. Saya senang sekali melihat anak-anak begitu antusias dalam kegiatan membuat pizza pada hari ini. Ungkapnya.

Alhamdulillah, lanjut Dyah,  anak-anak mengikuti arahan dengan baik sehingga tidak ada kesulitan dalam proses pembuatannya. Hasil pizza buatan mereka juga sangat menarik karena tiap kelompok memiliki kreasi masing-masing. pungkasnya.

Lensadakwah.com


Penulis : Devi Falachiyah I, S.Pd.I

Editor   : M.khoirul Anam




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.